menikah itu indah

Pernikahan dalam pandangan islam bukan hanya formalitas hubungan kasih sayang suami istri dan pergantian status dan upaya pemenuhan kebutuhan fitrah manusia. pernikahan merupakan ibadah yang di syariatkan oleh Allah melalui Rasul-Nya.
mengapa harus menikah?
Sesungguhnya menikah adalah ibadah yang mulia, karena Allah dan Rasul-Nya jelas-jelas mensyariatkannya.
– Maka nikahilah olehmu perempuan2 yg baik bagi mu (An-Nissa’ : 3)
– Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenismu sendiri (An-Nahl : 72)
Rasulullah SAW memerintahkan kepada pemuda yang sudah memiliki kesiapan untk segera menikah.
Hendaknya pernikahan tidak di pandang sebagai ibadah yang memberatkan, sehingga banyak mengeluarkan energi hanya untuk merencanakan pernikahan. Sesungguhnya pernikahan adalah ibadah yang mulia dan disukai Allah swt dan Rasul-Nya.
Pernikahan merupakan sebagian dari kesempurnaan pelaksanaan agama Allah. Rasulullah SAW bersabda: “Wahai para pemuda barang siapa diantara kamutelah mampu menikah, hendaklah ia menikah. Sesungguhnya dengan demikian akan lebih bisa menundukkan pandangan mata dan lebih leluasa menjaga kemaluannya. Barang siapa yang belum sanggup hendaklah ia berpuasa. Sesungguhnya yang demikian lebih baik bagimu” (H.R. Muslim)
Pernikahan adalah kebutuhan fitrah setiap insan ketika daur perkembangan biologis manusia sampai pada tahap perkembangan seksual, maka pada saat itu pula seseorang mulai tampak keinginanuntuk memenuhi kebutuhan itu, maka tidak mengherankan apabila keresahan yang bertkaitan dengan masalah ini semakin merajalela di masyarakat islam.
Sebagai manhaj kehidupan yang sempurna, melalui uswah Rasulullah SAW, islam memberikan jalan pemecahan yang sesuai dengan fitrah manusia. Islam melarang sikap membujang (kerahiban) meskipun dengan dalil menyucikan diri, karena sikap itu bertentangan dengan fitrah manusia dan kemanusiaan.
Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya aku menikahi wanita, barang siapa tidak mengikuti sunnahku maka ia bukan termasuk golonganku.” (HR.Baihaqi)
Itulah bukti kesempurnaan ajaran islam yang tidak satupun perkara bagi ummatnya yang tidak diatur dengan mudah dan sempurna.

anonymous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s