ARTI SEBUAH BAHAYA

Sultan Kamal tengah berada di atas kapal bersama beberapa pengawal terbaiknya. Salah satu pengawal yang belum pernah berlayar sebelumnya dan dulunya seorang anak gunung, tidak pernah melihat pantai. Dia duduk di pinggir kapal sambil berteriak, menangis, gemetaran dan meratap. Semua orang memperhatikan dia dan mencoba untuk meredakan ketakutan, namun kebaikan mereka hanya sampai ke telinganya, bukan ke hatinya.

Sultan Kamal tidak tahan lagi mendengar teriakan pengawal itu dan pelayaran melintasi samudera di bawah langit biru itu tidak lagi menyenangkan bagi dia. Kemudian hakim yang bijak, seorang tabib, mendekati dia dan berkata, “Baginda Raja, atas izinmu, aku dapat menenangkan dia!”

Tanpa enggan sedikit pun, Sultan Kamal memberi izin. Hakim itu memerintahkan para awak kapal melemparkan pengawal itu ke luar kapal. Mereka melakukannya, dengan sangat gembira. Pengawal itu tenggelam dalam air, menggapai-gapai udara, memegang bagian samping kapal, dan memohon untuk dinaikkan lagi ke kapal. Lalu awak kapal itu mengangkat dia dari dalam air, dan sejak saat itu dia duduk dengan tenang di pojok ruangan. Tak seorangpun mendengar lagi teriakan ketakutan darinya.

Sultan Kamal begitu terkesan dan bertanya kepada sang hakim, “Kearifan apa yang ada dalam perbuatanmu itu?”

Hakim menjawab, “Dia tidak pernah merasakan garamnya laut, dan dia tidak tahu betapa bahayanya berada dalam air laut. Jadi dia tidak tahu betapa indahnya berada di atas kapal….
HANYA ORANG YANG TELAH MENGHADAPI BAHAYA YANG DAPAT MENGETAHUI NILAI KEDAMAIAN DAN KETENANGAN…

http://www.facebook.com/group.php?gid=90229900619

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s