Mensos: Anak Terlantar Capai 5,4 Juta

Liputan6.com, Mataram: Anak terlantar di Indonesia yang usianya di bawah 18 tahun bertambah dan kini jumlahnya mencapai 5,4 juta. “Tingkat pertumbuhan anak-anak terlantar itu jelas tidak sehat karena tidak di rumah dan kurang mendapat perlindungan seperti akses belajar, kesehatan dan lain-lain,” kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Lombok Barat, Ahad (14/3).

Menosos mengatakan, dari 5,4 juta anak terlantar itu, sebanyak 232 ribu di antaranya adalah anak jalanan yang terbagi atas tiga kelompok yakni kelompok anak-anak yang seluruh hidupnya di jalan, kelompok anak yang 4-5 jam di jalanan, dan kelompok anak yang mendekati jalanan. “Khusus di Jakarta, jumlah anak jalanan telah mencapai 12 ribu orang,” ujarnya.

Lebih jauh Mensos mengatakan, jumlah penyandang cacat di Indonesia yang telah mencapai 1,6 juta orang, termasuk penyandang cacat berat (kesulitan bergerak) mencapai 163 ribu orang. Dari 163 ribu penyandang cacat berat itu, baru 17 ribu orang yang mendapat santunan dari pemerintah berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu/bulan yang diterima melalui PT Posindo.

Untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sosial itu harus ada keterpaduan antara pemerintah dengan lembaga kemasyarakatan serta kesadaran berbagai komponen masyarakat. “Kalau setiap orang membantu seorang saja untuk keluar dari permasalahan sosial itu, maka masalahnya akan selesai, itu yang diharapkan pemerintah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.(JUM/Ant)

sumber

pict from adianfuadi.files.wordpress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s