TIPS MINUM MENYEHATKAN ALA RASULLULLAH

Rasulullah mengajari kita cara minum yang baik. Seperti kita ketahui bahwa segala perbuatan dan tindakan Rasul pasti mengandung hikmah. Sepanjang hidup beliau, beliau tidak pernah sakit, kecuali beberapa hari sebelum kematiannya dan sakitnya dikarenakan karena keuzurannya. Berikut adalah penjelasan minum ala Rasulullah secara ringkas.

Minum sekurang-kurangnya dengan dua atau tiga kali tegukan, dalam selang waktu yang singkat. Setelah minum sepetiganya, tarik nafas sebentar. Kemudian, minum sisa air dalam gelas dan tarik nafas.

Berdasarkan penelitian ilmiah, air yang diteguk sekaligus akan mengganggu hati. Air akan turun ke hati dan akan merusak sel-sel dan bagian-bagian hati. Lain halnya dengan minum susu yang dianjurkan untuk diminum sekaligus.

Anas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengambil nafas tiga kali pada saat minum. (HR. Bukhari)

Dalam minumnya, Rasulullah SAW tidak langsung menhghabiskan segelas air dengan sekali teguk, melainkan dengan beberapa kali teguk. Beliau menyelingi dengan mengambil nafas di sela-sela minum itu sebanyak tiga kali.

“ Mengambil nafas tiga kali ketika minum,” maksudnya dalah beliau tidak mengambil nafas sambil minum atau bernafas dengan gelas masih menempel di mulut. Tetapi beliau menjauhkan gelas atau tempat minumnya dari mulut, dan mengambil nafas jauh dari tempat minum.

Seorang doktor mengatakan secara ilmiahnya, ketika seseorang bernafas, yang dikeluarkannya adalah zat asam arang atau karbondioksida. Jadi, sekiranya dia mengeluarkan nafas di dalam gelas, maka yang dia hirup adalah zat asam arang, atau air yang diminumnya mengandung zat sisa hasil pembakaran di dalam tubuh ini. Dan tentu saja hal ini tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu, apa yang dicontohkan oleh Nabi ini juga mengandung nilai kesabaran dan kesopanan. Sabar, karena dalam hal ini seorang muslim dituntut untuk tidak tergesa-gesa. Dan sopan, karena minum hanya dengan sekali teguk bisa menunjukkan keserakahan seseorang. Aplagi jika dikarenakan ketergesa-gesaaannya, dia lalu tersedak dan terbatuk.batuk.

Rasulullah SAW bersabda,
“Janganlah kalian minum sekali teguk seperti minumnya onta. Tetapi minumlah dua atau tiga kali tegukan. Dana bacalah bismillah ketika minum, kemudian bacalah hamdalah selesai minum ( HR. AT-Tirmidzi).

SEMOGA BERMANFAAT

*Sebagian tulisan dikutip dari buku 165 Kebiasaan Nabi karangan Abduh Zulfidar Akaha.

Source : Jadi Sehat? Siapa Takut?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s