Kontroversi Mengenai Mandailing, Batak atau Bukan?

Dari sudut pandang yang riss lihat, adat istiadat Batak Mandailing mulai dari bahasa, musik, dan kenapa di Mandailing lebih mayoritas beragama muslim, itu juga karena pengaruh daripada lokasi geografis pemukiman masyarakat Mandailing yang berada diantara dua kebudayaan dengan Masyarakat Batak itu sendiri (Sidempuan, Toba, dll) dan Masyarakat Minang/Melayu (Padang), sehingga berpengaruh daripada kebiasaan dan pola hidup masyarakat Mandailing.
Bisa dibilang bahasa Mandailing itu bahasa Batak Halus, memiliki alunan irama khas tersendiri..klo didengar baik-baik..ada juga rasa melayu yg tercampur dalam bahasa Mandailing, misalnya: Paktuo (ayah tertua), Maktuo (ibu tertua), Uda’ (Paman) dsb, kata-kata itu juga terdapat dlm bahasa melayu/minang.
Riss kutip dari artikel Orang Mandailing Adalah Etnis Batak disitu tertulis,

Alasan perbedaan bahasa

HAL lain yang menganggap bahwa Mandailing bukan Batak didasarkan karena Mandaling memiliki perbedaan bahasa  dengan bahasa Batak, Anggapan ini runtuh dengan jawaban bahwa bahasa atau linguistik pada awalnya sama namun  karena dipengaruhi faktor lingkungan, kebiasaan dan hal lain maka terjadi pergeseran dari bahasa semula. Namun
pergeseran ini tidak menimbulkan perbedaan yang berarti,…

 Dari kutipan artikel diatas sudah sangat jelas…kalau begitu besar pengaruh dari lingkungan terhadap kebiasaan/pola pikir/ tingkah laku seseorang atau suatu komunitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Namun, itu bukan suatu alasan yang kuat untuk menyatakan bahwa Mandailing bukan Batak.

One thought on “Kontroversi Mengenai Mandailing, Batak atau Bukan?

  1. Bungzhu Zyraith says:

    jangan sampai kategori batak sampai mengena ek agama..karena tidak ada hubungannya.saya sedang menocba memperbaiki istilah batak = kristen.yang sering bermasalah saya saya :saya sering di tanya "kamu orang batak ya" dan saya jawab "iya", loh koq shalat..??itu yang membuat saya merasa miris dengan penyamaan yang begini.buat saya suku adalah suku, beda halnya dengan agama.saya seorang batak Toba, dan saya sudah menjadi Islam sejak kakek nenek yang jauh di atas saya…

Leave a Reply

