Toshiba dan Fujitsu Siapkan Netbook 10 Inci


Jum’at, 15 Mei 2009, 10:41 WIB
Muhammad Firman

VIVAnews – Dua produsen PC asal Jepang, Toshiba dan Fujitsu memublikasikan netbook 10.1 inci terbaru mereka di pasar Taiwan.

NB200, netbook 10.1 inci pertama milik toshiba hadir 12 Mei lalu dan langsung beredar di Taiwan dengan harga kisaran 651 dolar AS. Produk seri ini menggunakan prosesor Intel Atom N280. Adapun produsen yang membuat perangkat tersebut untuk Toshiba adalah Compal Electronics.

Sama seperti netbook lain pada umumnya, Toshiba NB200 menggunakan memori sebesar 1GB, harddisk 160GB, sistem operasi Windows XP, dan khusus ditawarkan untuk pasar high end dari netbook.

Selain seri tersebut, Toshiba juga memiliki netbook seri 8,9 inci yakni NB100. Tetapi model NB100 belum beredar luas, baru di pasar Amerika Serikat, Meksiko, dan Inggris.

Seperti informasi yang VIVAnews kutip dari Digitimes, 15 Mei 2009, pada hari yang sama, Fujitsu juga meluncurkan netbook seri M2010. Produk yang dipasok oleh Quanta Computer tersebut dijual di kisaran harga 541 dolar AS.

Berbeda dengan Toshiba NB200, Fujitsu M2010 menggunakan prosesor yang lebih rendah yakni Intel Atom N270, meski menggunakan chipset yang sama yakni 945GSE. Menurut Fujitsu, netbook ini memiliki bobot seberat 1.15 kilogram.

Fujitsu juga menyebutkan bahwa mereka belum memiliki rencana untuk meluncurkan netbook dengan layar 11,6 inci, tetapi lebih memilih ke pembuatan notebook 12 inci. Perusahaan berbasis di Tokyo, Jepang tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka akan menyiapkan notebook ultra tipis berbasis CULV (Consumer Ultra Low Voltage) di akhir tahun 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s